Nama               : Rizma Bunga Vania

Kelas                : 4SA06

NPM                 :18613017

Nama Dosen  : Ms. Anita

E-learning adalah singkatan dari electronic learning, yang dimana konsepnya adalah pembelajaran dari jarak jauh. Di era serba cepat, serba praktis, dan serba modern yang merupakan bagian dari hidup kita sekarang ini, e-learning hadir menjadi media yang cepat, praktis, dan modern untuk pembelajaran siswa. E-learning pada dasarnya membutuhkan komputer untuk bisa berinteraksi didalamnya, namun dengan maraknya smartphone canggih yang didesain sedemikian terdepannya, e-learning dapat diakses lewat smartphone yang  siswa miliki.

E-learning sendiri, menurut saya, adalah salah satu media pembelajaran yang  cukup membantu kebutuhan saya sebagai siswa. Sebagai siswa yang mendapatkan mata  pelajaran atau mata kuliah 1 sampai 2 jam sekali pertemuan, mungkin terasa sedikit untuk para dosen atau guru menjelaskan materi-materinya, sehingga materi  yang belum tersampaikan ditunda hingga pertemuan berikutnya di minggu selanjutnya. Hal ini terkadang  menyebabkan tidak tercapainya target untuk sebuah materi tersampaikan secara penuh. Disinilah peran e-learning bisa menjadi medium yang pas untuk hal tersebut. Interaksi antara dosen dengan mahasiswa mengenai materi yang  diberikan dapat berlanjut tanpa harus memikirkan jam  berapa dan dimana, karena e-learning memberikan kemudahan untuk dalam soal mengakses dan diakses, yaitu kapan saja dan dimana saja.

Penyampaian materi lewat e-learning memempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Saya  akan menuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan berdasarkan yang saya baca dari https://www.ukessays.com/essays/english-language/advantages-and-disadvantages-of-electronic-learning-english-language-essay.php , yakni:

Kelebihan:

Menghemat waktu

Memudahkan siswa untuk mempelajari dan mencatat materi pelajaran dengan lebih mudah dan tidak dikejar waktu 

Meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengutarakan pendapatnya melalui forum diskusi 

Membuat siswa merasa “sama”. Jika di kelas, siswa malu mengutarakan pendapatnya karena ia tidak percaya diri bahwa pendapatnya akan diterima, lewat  e-learning semua  siswa dapat menyampaikan setiap pendapatnya tanpa harus merasakan hal-hal sperti itu.
Kekurangan:

Kurangnya pengaruh pengajar dalam metode pembelajaran ini

Pengajar tidak dapat mengetahui secara langsung tentang kemampuan setiap siswa

Siswa akan cenderung lelah karena menghabiskan waktu mereka dengan  duduk dan melihat kearah komputer atau smartphone-nya danraksi sosial mereka pun menjadi berkurang 

Biaya yang mahal, karena sekolah  atau komputer harus  menyediakan komputer dan  mengembangkan layanan situs tersendiri untuk dapat diakses.
Sekian  dan terimakasih telah membaca essay saya mengenai e-learning.

Saya harap dapat mempunyai kegunaan tersendiri untuk siapapun yang membacanya.

Good day. ☺