A. Penulisan Kabar atau Berita

Penulisan kabar atau berita di media cetak harus  mengandungv pertanyaan 5W+1H, yang berarti   Who, What, When, Where, Why, How.

  1. What = Apa berita yang diangkat
  2. Who = Siapa tokoh dalam berita atau peristiwa yang diangkat
  3. When = Kapan terjadinya berita yang diangkat
  4. Where = Dimana terjadinya peristiwa
  5. Why = Kenapa peristiwa yang dimaksud bisa terjadi
  6. How = Bagaimana peristiwa terjadi

 

B. Penulisan Pesan-pesan persuasif

Dari kata persuasi bisa diketahui bahwa kata tersebut berarti ajakan. Pesan-pesan persuasif  dibuat dengan tujuan mendasar dimana untuk menghimbau atau mengajak siapapun yang membaca  pesan tersebut. Menghimbau untuk mengubah perilaku seseorang, menghimbau untuk menghadiri sebuah acara, menghimbau untuk tidak melakukannya hal-hal negatif, dan sebagainya.

 

C. Korespondensi (Surat-Menyurat)

Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan oleh seluruh masyarakat sebelum adanya  telepon. Awalnya hanya dari satu pihak mengirimkan surat  berbetuk carikan kertas kepada orang yang dituju, lama kelamaan jaman berubah, surat  tidaklah lagi harus berbentuk kertas, melainkan berbentuk elektronik dan sampainya lebih  cepat. Dilihat dari segi bentuk, isi, dan bahasanya, surat dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat bisnis.
Secara umum, bahasa yang digunakan dalam dunia korespondensi mencakup kata-kata yang familiar, lazim, dan haru dipilih secara cermat.