A. Pengorganisasian Melalui Outline

Dari membuat outline, ide-ide bisa terlebih dulu dikelompokkan berdasarkan kategori yang sejenis yang telah didefinisikan.

B. Pemilihan Kata yang Tepat

Disarankan untuk memilih kata-kata yang familiar. Karena percuma saja jika menggunakan kata-kata asing di kuping audiensi, pemborosan. Kemudian cobalah untuk mempersingkat kata-kata, jangan terlalu panjang, karena lebih efisien dan mudah dipahami oleh audiensi.

Yang terakhir, hindari kata-kata bermakna ganda. Karena di era harus serba  berhati-hati ini dalam menyampaikan pendapat, sering sekali terjadi salah penafsiran yang mengakibatkan kekacauan.

C. Membuat Kalimat yang Efektif

Dalam membuat kalimat  apapun yang berisikan pesan yang ditujukan untuk orang lain, tisak bisa sembarang saja dalam penulisannya. Kalimat ada 3 jenis, yaitu:

  1. Kalimat Sederhana = terdiri hanya dari sebuah subjek dan predikat. namun tidak menutup kemungkinan suatu kalimat dilengkapi dengan objek baik langsung maupun tidak langsung
  2. Kalimat Majemuk  = terdiri dari dua atau lebih klausa independen dan tidak mempunyai klausa dependen
  3. Kalimat kompleks = terdiri dari sebuah klausa independen dan satu atau lebih klausa dependen sebagai anak kalimat.

 

Tulisan ini disusun berdasarkan membaca dari sumber: https://www.academia.edu/13775179/Makalah_KOMBIS_revisi_pesan_pesan_bisnis

Terimakasih.🙂