A. Pola Komunikasi Bisnis
Komunikasi vertikal dari atas ke bawah; misal, dalam menetapkan instruksi pekerjaan, memperi penjelasan tentang kebiasaan dan peraturan yang berlaku dalam perusahaan

  1. Komunikasi vertikal dari bawah ke atas; misal, berupa usulan dari bawahan atau kritik atau juga grapevine (kabar dari mulut ke mulut atau desas-desus)
  2. Komunikasi horisontal; misal, komunikasi antar karyawan atau pejabat setingkat yang dapat terjadi seperti dalam konferensi, ceramah, pertemuan informal

B. Mengelola Komunikasi Bisnis

 

Pengelolaan komunikasi berkaitan dengan hal-hal yang bersifat rutin, dan  bersifat khusus (incidental) dan perlu penanganan yang bersifat khusus pula.

C. Masalah dalam Komunikasi Organisasi

 

Proses komunikasi dalam organisasi tidak selalu berjalan mulus, namun juga ada hambatan-hambatan. Berikut adalah macam-macam hambatan dalam organisasi, yaitu:

  1. Hambatan fisik       =        hambatan yang terjadi akibat gangguan cuaca, gangguan sinyal, dsb.
  2. Hambatan  semantic =   hambatan yang terjadi akibat pemahaman yang sedikit
  3. Hambatan manusiawi =    hambatan yang terjadi akibat tingkat emosi manusia yang tidak menentu dalam menyikapi informasi atau pesan.