A. Peranan Komunikasi dalam Bisnis

Kegiatan bisnis tidak dapat dilakukan tanpa komunikasi. Komunikasi bisnis dapat dilkakukan diluar maupun didalam perusahaan. Didalam perusahaan, komunikasiharus dijaga dengan baik dengan para karyawan agar mereka lebih yakin dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Jika tidak ada rasa yakin dalam diri karyawan dengan produk perusahaan, maka akan tidak mudah untuk mengembangkan produk tersbut untuk khalayak luas. Komunikasi dengan pihak luar ataua eksternal juga perlu dijaga dengan baik dilakukan perusahaan dengan masyarakat, pemerintah pada umumnya dan khususnya terhadap para konsumen dan pelanggan.

 B. Tujuan dari Komunikasi dalam Bisnis

Ada beberapa tujuan, yaitu:

  1. Menjamin hubungan yang baik antar pimpinan dan bawahan
  2. Mengkoordinasi kegiatan-kegiatan bawahan agar tertuju untuk direalisasikan
  3. Memberi informasi
  4. Mengajak
  5. Membuat kolaborasi dengan pelanggan                                                                                               

C. Umpan Balik dan Bentuknya

Umpan balik atau feedback dapat berbentuk hasil  (pelaksanaan suatu tugas), laporan, pertanyaan, reaksi, dan sebagainya.

Bentuk-bentuk umpan balik, diantaranya:

  1. External Feedback
  2. Internal Feedback
  3. Direct / Immediate Feedback
  4. Indirect Feedback
  5. Inferential Feedback
  6. Zero Feedback
  7. Neutral Feedback
  8. Positive Feedback
  9. Negative Feedback

D. Kesalahpahaman dalam Berkomunikasi

  1. Masalah dalam mengembangkan pesan: munculnya keragu-raguan tentang isi pesan
  2. Masalah dalam menyampaikan pesan: faktor fisik
  3.              Masalah dalam menerima pesan
  4. Masalah dalam menafsirkan pesan: perbedaan latar belakang, penggunaan bahasa, penyampaian menggunakan emosi

E. Memperbaiki Komunikasi dalam Organisasi

Cara memperbaiki komunikasi dalam organisasi, yaitu:

  1. Persepsi
  2. Ketepatan
  3. Kredibilitas
  4. Pengendalian
  5. Kecocokan/keserasian.