A. Pengertian dan Cakupan Komunikasi

Komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis. Sehingga sering terlupakan bahwa keterampilan berkomunikasi merupakan hasil dari belajar manusia. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah hubungan atau dapat diartikan juga sebagai sarana untuk tukar menukar pendapat.

Komunikasi bisnis adalah pertukaran pendapat atau  gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu. Seperti yang dikemukakan Katz (1994:4), Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangikaian tujuan komersil. Komunikasi bisnis bisa diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.

B. Unsur-unsur  dalam Komunikasi

  1. Komunikator = subjek yang menerima pesan atau informasi atau berita.
  2. Komunikan    = subjek yang menerima atau dituju dari pesan atau informasi yang  dikirimkan
  3. Pesan               = objek yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan baik secara lisan atau tulisan
  4. Respon             = tanggapan
  5. Media                = alat yang  digunakan untuk menyampaikan pesan atau berita

C. Bentuk Dasar dari Komunikasi

  1. Komunikasi Verbal   = Komunikasi yang  menggunakan kata-kata bisa berbentuk lisan maupun tulisan.
  2. Komunikasi Non-Verbal = Komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, melainkan memakai gestur atau bahasa tubuh.
  3. Komunikasi Internal dan Eksternal =  a. Internal: antar lingkup dalam organisasi                                                                         b. Eksternal:antar llingkup dalam dengan luar  h                                                                  organisasi
  4. Komunikasi Formal dan Informal

D. Bisnis dalam Pandangan Komunikasi

Bisnis dalam pandangan komunikasi bisa diartikan sebagai  bagaimana konsep komunikasi itu digunakan  dalam berbisnis. Dalam berbisnis, komunikasi penting untuk meynyampaikan apa produk yang dijual kepada konsumen, untuk melakukan kegiatan promosi, untuk mengembangkan sistem informasi perusahaan, dan bisa juga untuk mebngembangkan kemampuan pebisnis dalam berkomunikasi dengan kliennya.