Tugas Individu Jurnalistik : Tugas #3 “Hard News”

Nama : Rizma Bunga Vania

NPM   :18613017

Kelas  : 2SA06

Dosen : Ibu Dr. Nuriyati Samatan M.Ag

HARD NEWS

Hard news atau disebut juga dengan breaking news, spot news, & straight news secara sederhana bisa didefiniskan sebagai berita penting yang mempunyai dampak yang besar terhadap masyarakat dan disampaikan langsung ke publik. Berbeda dengan soft news, kecepatan waktu adalah faktor utama dalam penulisan hard news; . hard news mempunyai deadline. Berita jenis ini tidak bisa ditunda pemberitaanya karena akan cepat basi dan biasanya ditaruh di halaman utama sebuah surat kabar.

Headline  hard news  bertujuan untuk meyakinkan pesan yang umum dengan kata-kata yang terbatas (biasanya 100-200 kata). Sebuah headline harus bersifat informasional.

Kalimat pertama dalam berita jenis ini atau disebut dengan “lead” bisa dibilang adalah bagian yang paling penting dalam penulisannya. Berdasarkan isi dari lead, seorang pembaca akan menggali lebih dalam atau melanjutkan membaca yang  lain. Oleh karena itu, penulis perlu untuk dapat “mengukir” lead dalam hard news yang ditulisnya,

Aturan dalam membuat lead adalah 5W+1H, who, what, when, where, why + How atau ydalam bahasa Indonesia menjadi “apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana. Semua unsur inilah harus terkandung dalam sebuah hard news. .

Contoh hard news:

*berita diambil dari http://megapolitan.kompas.com/read/2015/10/29/16441531/Teroris.Peras.Mall.Alam.Sutera.dengan.Minta.100.Bitcoin?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp*

Teroris Peras Mall Alam Sutera dengan Minta 100 Bitcoin

Kamis, 29 Oktober 2015 | 16:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku bom Mall Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumala (29), bermotif pemerasan. Leopard mengancam manajemen mal dengan bom, dan meminta 100 bitcoin.

“Saya dulu minta 100 bitcoin. Alam Sutera cuma kasih 0,25, sekitar 700.000-an,” kata Leopard dalam rekaman di Jakarta, Rabu (28/10/2015) malam.

Leopard mengakui hal tersebut kepada Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti. Satu bitcoin seharga Rp 3,2 juta.

“Kalau 100, berarti Rp 300 jutaan,” kata Leopard.

Mall Alam Sutera hanya memberinya 0,25 bitcoin. Karena itu, ia meneror mal itu dengan menaruh bom.

Leopard ditangkap setelah menaruh bom yang kemudian meledak di toilet kantin karyawan Mall Alam Sutera, Rabu (28/10/2015).

Ia menaruh bom di pusat perbelanjaan itu sebanyak empat kali, sepanjang Juli hingga Oktober 2015.

Penulis:  Kahfi Dirga Cahya
Editor  : Kistyarini
Berdasarkan contoh hard news diatas, lead dari berita tersebut adalah JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku bom Mall Alam Sutera, Leopard Wisnu Kumala (29), bermotif pemerasan. Leopard mengancam manajemen mal dengan bom, dan meminta 100 bitcoin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s