Nama : Rizma Bunga Vania
NPM : 18613017
Kelas : 2SA06
Mata Kuliah : Kewirausahaan
Nama Dosen : ENYFIANI ANANTA WIN

Apakah salah pemasaran dapat memicu kepailitan?

Menurut saya, pemasaran yang buruk adalah jelas salah satu faktor pemicu kebangkrutan. Contoh pertama yang saya ambil adalah bisnis sablon baju. Sablon baju yang juga merangkap sablon stiker & spanduk. Saya pikir usaha sablon baju akan menarik calon banyak pelanggan jika, dipasarkan dengan cara;
a)membuat banner dengan design yang menarik– warna banner yang tidak kelihatan norak & murah,

b)menggunakan jenis huruf yang “tidak biasa”– bukan jenis huruf seperti Times New Roman atau Comic Sans,

c) memperhitungkan seberapa banyak kata yang dipakai– sebagai orang awam, saya sering kali dibuat pusing jika melihat banner yang terlalu “rame”.
Contohnya, sebuah banner bisnis sablon baju terlalu memfokuskan jenis barang apa saja yang disablon, hingga mengesampingkan dimana alamat tempat sablon tersebut dengan cara memperkecil huruf-hurufnya.

Kalu dipasarkan dengan cara yang sebaliknya, bisnis sablon tersebut pun akan sepi pelanggan dan pada akhirnya memutuskan gulung tikar.

Kesimpulannya adalah jika seseorang tidak mempunyai strategi pemasaran atau promosi yang baik alias tidak pintar menyiasati memasarkannya, tentu apapun yang dia jual akan tidak laku. Mungkin tetap laku, tetapi tidak selaku “lapak sebelah” yang memasarkan barangnya dengan cermat. Hal ini tentu adalah pemicu kepailitan.

Terimakasih. ☺