Nama : Rizma Bunga Vania
NPM : 18613017
Kelas : 2SA06
Mata Kuliah : Kewirausahaan
Nama Dosen : ENYFIANI ANANTA WIN

Softskill yang saya miliki sejauh ini, diantaranya:

1. Etos Kerja yang Kuat & Profesionalisme

Saya akan menyelesaikan tugas atau pekerjaan saya, no matter what. Saya bukan tipe orang yang suka melihat orang lain yang ketika mereka belum menyelesaikan pekerjaanya, menggunakan banyak sekali alasan. Maka dari itu, saya sangat menghindari untuk tidak menyelesaikan apa yang orang lain berikan untuk saya kerjakan.

2. Komitmen

Salah satu softskill yang menurut saya semua orang harus miliki. Kalau sudah bilang “Ya, saya bisa selesaikan dalam 3 minggu”, maka harus benar-benar selesai dalam 3 minggu– tidak lebih sehari, tidak kurang sehari. Sebuah titik awal orang lain bisa menaruh kepercayaan pada saya.

3. Sikap Positif

Ini jjuga sangat penting. Saya orang yang sangat menjauhi apapun itu yang “menularkan” saya kenegatifan. Kenegatifan membuat saya tidak bersemangat, dan membuat yang memang tidak ada ada di pikiran, malah menjadi ada. Itulah mengapa saya wajib berada di keadaan dimana pikiran bersih dari hal-hal “nggak penting”

4. Kepercayaan Diri

Ada sebuah kutipan yang sampai sekarang menjadi andalan saya ketika saya meragukan diri saya, “Believe you can and you’re halfway there”. Dimulai dari mengingat dan mengucapkan kalimat itu, saya menumbuhkan kepercayaan diri dan optimisme saya juga bahwa saya bisa.

5. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi saya jauh dari kata “baik”. Saya baik dalam hal  “mendengarkan” tapi saya kurang dalam mampu “menyampaikan”. Maka dari itu, sampai sekarang saya terus berlatih melalui menulis di social media atau berlatih di depan kaca dan selalu mencoba untuk  “tidak menolak” untuk presentasi di depan kelas. Karena saya yakin, itu bisa membantu saya.

6. Bekerjasama dan Memimpin

Saya bisa “menyuruh” dan saya bisa “disuruh”. Sering saya mendapatkan posisi “menyuruh”. Jika saya dan teman-teman mendapatkan tugas kelompok, yang saya tanamkan di pikiran saya pertama kali adalah “Kelompok saya harus sempurna”.  Mengapa sempurna? Dengan saya mematok target “sempurna” itu sendiri, saya rasa hasil yang dikerjakan tidak akan jelek. Saya percaya diri untuk bilang “saya mempunyai banyak ide kreatif, jalanin yuk.” dan saya ingin orang-orang dalam kelompok saya mempunyai pemikiran yang sama juga.

7. Adaptability

Menyesuaikan terhadap situasi dan ide-ide baru? Saya sangat terbuka dengan hal itu. Bagi introvert seperti saya, mungkin tidak bisa langsung “klop” dengan situasi baru, tapi di waktu yang bersamaan saya juga menyukai hal-hal baru. Jadi diperlukan waktu untuk saya bisa beradapatasi dengan lingkungan baru tersebut.

8. Kesabaran

Semua hal butuh proses. Saya percaya akan proses. Bersabar untuk menunggu proses membawa saya kepada hal-hal yang saya tidak duga akan terjadi.  Hal-hal yang baik, tentunya

9. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Untuk soft skill yang ini, saya belajar banyak dari kehidupan sehari-hari. Dari teman-teman yang meminta saran, saya rasa semua orang mesti mempunyai soft skill ini.

10. Kebaikan / Kindness

Saya tidak tahu ini bisa dimasukkan kedalam kategori soft skill atau tidak, tapi ini yang saya rasa harus ada. Saya tidak membicarakan kebaikan yang dilakukan oleh Oprah Winfrey, melainkan kebaikan dari hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari. Every little thing matters, itulah motto saya. Dengan mempunyai niat untuk selalu berbuat baik dan menjalankannya, saya percaya ini salah satu kunci yang bisa membuat mampu untuk menjalani kehidupan yang baik. Menjadi sumber untuk bersabar, beradaptasi, berkomunikasi dengan baik, dan sikap yang positif. Dengan begitu, saya menjalani segala sesuatu terasa “lebih mudah”.

“Apa yang saya tanam, akan saya tuai.”

Sekian dan terimakasih.🙂